Cara untuk tetap Istiqamah dan Menguatkan Iman

Manusia sangat butuh Agama, melebihi butuhnya makan, tidur, dll. Alhamdulillah, sudah banyak orang yang diberi Hidayah dan kembali ke jalan yang lurus, jalan yang Allah ridhai.



Banyak yang bilang hijrah itu mudah, yang susah itu istiqamahnya. Sudah pasti seseorang akan diberi ujian (baik berupa godaan, atau dll) jika seseorang berubah menjadi lebih baik, iman nya akan dites, untuk mengetahui seberapa sabarnya seseorang, seberapa kuat nya iman seseorang. Jangan putus asa, karena jika anda berhasil melewati ujiannya, maka Allah Subhanahu Wa Ta'alaa akan menaikkan derajat anda. Berikut adalah beberapa cara untuk tetap Istiqamah:

1. Ikhlas dan Sabar

2. Belajar Agama
Usahakan pergi ke Majelis-majelis Ilmu (Kajian Rutin, Tabligh Akbar, dll), karena Menuntul Ilmu agama hukumnya wajib. Jika berhalangan untuk hadir ke Majelis Ilmu tsb, bisa dengan menonton video kajian di rumah, atau mengikuti Live Kajian Islam. Keuntungan menghadiri majelis ilmu adalah dekat dengan orang sholeh, memperkuat ukhuwah islamiyah. Anda bisa saja menemukan Teman atau Pasangan Hidup anda yang bisa mendekatkan diri anda kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

3. Memperbanyak Ibadah
Seperti dengan cara menguatkan sholat (sholat pada waktunya, perbanyak sholat sunnah, dll), melakukan sunnah-sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang lainnya seperti Puasa Sunnah, banyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'alaa agar tetap diteguhkan, dan agar tetap istiqomah

4. Menghindari Syubhat
Manusia harus menghindari Syubhat. Syubhat adalah kerancuan berfikir. Maka seseorang harus banyak belajar agama agar terbebas dari kerancuan berfikir tersebut.

Allahu a'lam bishshawab
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala selalu memberi taufiq dan hidayah, serta melindungi kita semua.

Comments