Pengertian Ideologi secara Lengkap



Ideologi terdiri dari 2 kata, yaitu idea dan logos. Logos berarti ilmu ( bukan pengetahuan karena ilmu merupakan sesuatu yang diamalkan, dan pengetahuan merupakan sesuatu yang hanya diketahui ). Idea berarti ide atau pemikiran. Pemikiran itu timbul karena konsep berpikir/pola pikir dasar yang pasti berbeda-beda di setiap orang, tergantung interaksi sosialnya.

Dari pengertian secara harfiah, dapat kita tarik pengertian secara istilah bahwa Ideologi merupakan ilmu tentang kumpulan konsep bersifat sistematis yang dijadikan sebagai asas (landasan/acuan berpikir, berpendapat, bertindak) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Konsep-konsep itu bisa berupa gagasan, keyakinan, atau kepercayaan.

Karena Ideologi merupakan turunan dari konsep, maka Ideologi bersifat abstrak, tetapi Ideologi juga bersifat ada/exist dan nyata. Ke-nyataan-nya / keberadaannya dapat dilihat dari cara bertindak seseorang atau dapat dilihat melalui tujuan yang hendak dicapai.

Ada bermacam-macam Ideologi yang tersebar di dunia, baik yang tercatat dalam sejarah, ataupun yang masih berkembang hingga sekarang, contohnya:

- Ideologi Komunisme
- Ideologi Liberalisme
- Ideologi Sosialisme
- Ideologi Kapitalisme
- Ideologi Nasionalisme
- Ideologi Pancasila ( yang digunakan di Indonesia )

Comments