Kelainan pada Sistem Reproduksi Manusia


1.       Endometriosis


     Endometriosis adalah suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim, padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan di dalam lapisan rahim. Merupakan gangguan akibat adanya jaringan endometrium dari luar rahim (uterus) yaitu dapat tumbuh di sekitar  ovarium, oviduk, servik dsb. Gejalanya penyakit ini berupa rasa nyeri perut, pinggang terasa sakit, dan nyeri pada saat menstruasi. Rasa nyeri ini disebabkan oleh pengelupasan jaringan endometriosis


2.       Epididimitis


Merupakan infeksi yang sering terjadi pada saluran reproduksi pria. Penyebabnya adalah E. coli dan Chlamydia.

Epididimitis biasanya disebabkan oleh bakteri yang berhubungan dengan:
  • Infeksi saluran kemih
  • Penyakit menular seksual (misalnya klamidia dan gonore)
  • Prostatitis (infeksi prostat).Epididimitis juga bisa merupakan komplikasi dari:
  • Pemasangan kateter
  • Prostatektomi (pengangkatan prostat).Resiko yang lebih besar ditemukan pada pria yang berganti-ganti pasangan seksual dan tidak menggunakan kondom.
Gejalanya berupa nyeri dan pembengkakan skrotum (kantung zakar), yang sifatnya bisa ringan atau berat.
Peradangan yang sangat hebat bisa menyebabkan penderita tidak dapat berjalan karena sangat nyeri.Infeksi juga bisa menjadi sangat berat dan menyebar ke testis yang berdekatan.
Infeksi hebat bisa menyebabkan demam dan kadang pembentukan abses (pernanahan).
Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah:
  • Benjolan di testis
  • Pembengkakan testis pada sisi epididimis yang terkena
  • Pembengkakan selangkangan pada sisi yang terkena
  • Nyeri testis ketika buang air besar
  • Demam
  • Keluar nanah dari uretra (lubang di ujung penis)
  • Nyeri ketika berkemih
  • Nyeri ketika berhubungan seksual atau ejakulasi
  • Darah di dalam semen
  • Nyeri selangkangan.


3.       Hamil Anggur (Mola Hidalidosa)


Merupakan suatu kehamilan yang tidak berisi janin, tetapi berisi gelembung-gelembung mola dan bekuan darah. Hamil anggur dapat menyebabkan kesakitan atau kematian karena pendarahan, tembusnya dinding rahim oleh proses mola dan infeksi.

Faktor langsung penyebab hamil anggur ini hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti. Diperkirakan bahwa beberapa faktor yang sering dikaitkan sebagai penyebab hamil anggur ini diantaranya yaitu mutasi genetik (buruknya kualitas sperma atau gangguan pada sel telur) yang mengakibatkan pada kehamilan dimana janin akan mati dan tak berkembang, kekurangan vitamin A, darah tinggi, serta faktor gizi yang kurang baik. Wanita dengan usia dibawah 20 tahun atau diatas 40 tahun juga berada dalam risiko tinggi. Seringkali ditemukan pada masyarakat dengan kondisi sosial ekonomi yang rendah, kekurangan gizi pada ibu hamil, ibu yang sering hamil, gangguan peredaran darah dalam rahim dan kelainan rahim berhubungan dengan peningkatan angka kejadian mola. Mengkonsumsi makanan rendah protein, asam folat, dan karoten juga meningkatkan risiko terjadinya mola. 


4.       Herpes Genitalis


Merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Gejala yang timbul adalah bintil-bintil berkelompok pada kemaluan, hilang dan timbul, akhirnya menetap seumur hidup.


5.       Sifilis


Sifilis  adalah  penyakit  kelamin  yang  disebabkan  oleh  bakteri.  Tanda-tanda  sifilis,  antara  lain terjadinya  luka  pada  alat  kelamin,  rektum,  lidah,  dan  bibir;  pembengkakan  getah  bening  pada bagian  paha;  bercak-bercak  di  seluruh  tubuh;  tulang  dan  sendi  terasa  nyeri  ruam  pada  tubuh, khususnya tangan dan telapak kaki.

Tanda-tanda  penyakit  ini  dapat  hilang,  namun  bakteri  penyebab  penyakit  tetap  masih  di  dalam tubuh, setelah beberapa tahun dapat  menyerang otak sehingga bisa  mengakibatkan kebutaan dan gila.  Penyakit  ini  dapat  disembuhkan  jika  dilakukan  pengobatan  dengan  penggunaan  antibiotik secara cepat.


6.       Gonore(kencingnanah)


Gonore (kencing nanah) disebabkan oleh bakteri. Gejala dari gonore, antara lain keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin; rasa panas dan sering kencing. Bakteri penyebab penyakit ini dapat  menyebar  ke  seluruh  tubuh  sehingga  menyebabkan  rasa  nyeri  pada  persendian  dan  dapat mengakibatkan kemandulan. Penyakit  ini dapat disembuhkan jika dilakukan pengobatan dengan penggunaan antibiotik secara cepat.


7.       Kanker Leher Rahim ( kanker serviks )


Kanker  leher  rahim  adalah  kanker  yang  menyerang  leher  rahim  pada  perempuan  dewasa. Layaknya semua kanker, kanker  leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada  leher  rahim  yang  tidak  lazim  (abnormal). Tetapi,  sebelum  sel-sel  tersebut  menjadi  sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan  yang dialami oleh selsel  tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya  memakan  waktu  sampai  bertahun-tahun  sebelum  sel-sel  tadi  berubah  menjadi  sel-sel kanker.  Perubahan  awal  yang  terjadi  pada  sel  leher  rahim  tidak  selalu  merupakan  suatu  tanda-tanda  kanker.  Perubahan  selsel  kanker,  selanjutnya  dapat  menyebabkan  pendarahan  di  antara masa   menstruasi.   Jika   kamu   mendapatkan   tanda-tanda   tersebut,   sebaiknya   kamu   segera melakukan pemeriksaan  ke  dokter.  Pada  umumnya,  setelah  dilakukan  pemeriksaan  yang  teliti, hasilnya tidak selalu positif kanker.


8.        Kanker Ovarium



Kanker  ovarium  adalah  kanker  yang  menyerang  ovarium,  biasanya  menyerang  wanita  yang sudah  menopause.  Kanker  ovarium  sebagian  besar  berbentuk  tumor  kistik  dan  sebagian  kecil berbentuk tumor padat.


9.            Infertilitas

Infertilitas  adalah  ketidaksuburan  yang  dapat  terjadi  pada  pria  maupun  wanita.  Pada  wanita, ketidaksuburan  disebabkan  oleh  tersumbatnya  tuba  fallopi,  menstruasi  tidak  teratur,  kelainan pada  lendir  leher  rahim,  dan  obesitas.  Sedangkan,  pada  pria  karena  adanya  penyakit  seperti impotensi, ejakulasi dini, dan rusaknya testis.


10.       AIDS



AIDS   kepanjangan   dari   Acquired   Immunodeficiency Syndrome   atau   Acquired   Immune Deficiency  Syndrome.  Penyakit  AIDS  disebabkan  oleh  virus  Human  Immunodeficiency  virus (HIV)  yang  menyerang  sistem  kekebalan  tubuh  manusia,  sehingga  penderita  AIDS  menjadi rentan terhadap berbagai infeksi. Penyakit Flu bisa membuat penderita AIDS meninggal.


11.       Kanker Payudara


Kanker  payudara  adalah  kanker  pada  jaringan  payudara.  Ini  adalah  jenis  kanker  paling  umum yang  diderita  kaum   wanita.  Kaum  pria  juga  dapat  terserang  kanker  payudara,   walaupun kemungkinannya  lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan  yang paling  lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Comments