Apa itu Web?




Pengertian WEB

Menurut Bahasa Wordl Wide Web ( www atau WEB ), World Wide Web terdiri atas 3 kata, World berarti dunia, Wide berarti luas/lebar, dan Web diartikan sebagai halaman dalam teknologi jaringan internet yang berisi informasi. World Wide Web adalah serangkaian halaman pada internet yang berisi informasi. www mengacu pada alamat dari website. Website ( Situs Web ) dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi.
1.       Situs Web Statis, situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tsb, dilakukan secara manual. Contoh:  web company profile, web catalog, dll.
2.       Situs Web Dinamis, situs web yang secara spesifik didesain agar isi yang terdapat dalam situs tsb dapat diperbarui secara berkala dengan mudah.  Contoh: Situs Berita seperti detik.com dan website portal berita lainnya ( Wordpress, Blogspot, dll ).
3.       Website Interaktif, website yang bersifat interaktif dimana user dapat memberikan pertanyaan, jawaban, argument, ide, dll. Dalam Website Interaktif terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan pengurus website atau antara pengunjung dan pengunjung. Contoh website keren yang interaktif adalah Facebook dan Twitter.

Domain dan Hosting
Domain adalah alamat yang menunjukkan sebuah situs, agar pengguna internet lain dapat menemukan situs web yang dibuat. Istilah yang sering digunakan untuk nama domain adalah URL. Uniform Resource Locator ( URL ) adalah rangkaian-rangkaian karakter yang digunakan untuk menamai alamat pemanggilan dari suatu dokumen dalam halaman web.
Hosting berasal dari kata Host. Host adalah sebuah komputer dalam suatu jaringan yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam jaringan yang sama. Hosting sendiri dapat diartikan sebagai menyimpan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam sebuah situs web agar dokumen-dokumen tsb dapat diakses secara tersama-sama oleh pengguna internet.

Web Browser
Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama Web Browser yang mengambil informasi dari server web dan menampilkannya, biasanya di sebuah komputer.
Web Browser atau Program Browser adalah program atau perangkat lunak yang memungkinkan para jaringan internet melakukan penjelajahan pada situs-situs internet untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Contoh Browser:
1.       Netscape Navigator
2.       Internet Exploler
3.       Opera
4.       Mozilla Firefox
5.       Google Chrome


Berikut contoh kode layanan situs web:


1.      Situs Akademi ( .ac )
Universitas Gajah Mada
www.ugm.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember
www.its.ac.id

2.      Situs Komersial ( .co )

Kaskus
www.kaskus.co.id

OLX
olx.co.id


3.      Situs Komersial ( .com )

Amazon
www.amazon.com

Megaxus
www.megaxus.com

4.      Situs Pendidikan ( .edu )

Harvard University
www.harvard.edu

Boston University
www.bu.edu

5.      Situs Pemerintahan ( .gov )

The White House
www.whitehouse.gov


Health.gov
health.gov

6.      Situs Militer ( .mil )

NAVY
www.navy.mil

KOPASSUS
kopassus.mil.id


7.      Situs Layanan Internet Global ( .net )

VectroID
www.vectroid.net

ASP
www.asp.net


8.      Situs Organisasi ( .org )

ASEAN
asean.org

Wikipedia
www.wikipedia.org

9.      Situs Sekolah ( .sch )

SMA Negeri 2 Makassar
sman2makassar.sch.id

MAN 2 Model Makassar
man2modelmakassar.sch.id

10.  Situs Penyiaran ( .tv )

KompasTV
www.kompas.tv

RCTI
www.rcti.tv

Comments

  1. Kami menyediakan paket toko online, company profile, ukm, sekolah.

    https://16pixel.id
    Jasa Website Profesional

    ReplyDelete

Post a Comment