Mbed OS - Sistem Operasi baru dari ARM




Perusahaan arsitektur chip mobile terkemuka, ARM sudah mulai memperluas ekosistem bisnisnya ke arah perangkat lunak. ARM baru saja mengumumkan sistem operasi baru yang ditujukan untuk perangkat berbasis Internet of Things (IoT).

Sistem operasi buatan ARM itu dinamakan Mbed OS. Sistem operasi ini digunakan sebagai basis perangkat lunak, memberikan fungsi keamanan dan fitur konektivitas WiFi dan Bluetooth pada perangkat IoT. Perangkat jenis ini dipercaya bakal mulai populer dalam beberapa tahun mendatang.

Konsep dari internet of things ialah segala perangkat atau prodk yang dapat terhubung internet. ARM mencontohkan, Mbed OS bisa dipasang di wearable, elektronik rumah tangga, hingga lampu jalan dan alat pacu jantung. Rencananya, Mbed  OS akan tersedia mulai tahun depan. ARM akan mengratiskan OS ini secara open-source di perangkat yang menggunkan arsitektur prosesor khusus perangkat IoT, yaitu ARM Cortex-M.



Sistem operasi pada Chip-nya sendiri hanya memakan memory 256KB sehingga dapat diinstal di perangkat sangat kecil, seperti sensor. Dari situ, sensor kemudian dapat dipasang di perangkat lainnya. Basis dari mbed OS sebenarnya bukan ciptaan langsung ARM. Pihaknya mengakuisisi Sensinode, pengembang perangkat server Mbed pada 2013 lalu. Namun, jauh sebelum itu, tepatnya pada 2006, Mbed dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa untuk memprogram perangkat elektronik yang sedang mereka rancang.



Kini sudah ada beberapa mitra yang mendukung Mbed OS, termasuk IBM, Salesforce.com, serta dua pembuat chip Broadcom dan Freescale. IBM dan Salesforce menyediakan aplikasi yang dapat terhubung ke server Mbed OS. Sedangkan Broadeom dan Freescale memproduksi chip berbasis arsitektur ARM Cortex-M. Menariknya lagi, pengembang mbed pun sudah meneapai 70.000-an.



ARM membuat embeded OS sendiri yang mereka namakan Mbed OS, OS im hanya kompatibel dengan embeded Device yang menggunakan ARM arsitcktur. OS ini hanya didesain dengan single traded bukan multi traded. ARM menganggap OS ini akan dapat berjalan di embeded OS yang sangat kecil dengan kebutuhan power yang sangat kecil pula sebagai terobosan masa depan,dan pada akhırnya semua loT Device akan menggunakan OS ini.

Comments